Mengejar Karir ke Lippo

Undangan Interview

Tanggal 22 April 2017 saya dapat telepon dari “Greater Jakarta”. Setelah diangkat ternyata itu panggilan interview dari Politeknik Meta Industri untuk posisi pustakawan dan undangan interview-nya untuk tanggal 27 April malam. Kemudian saya langsung cari tau tentang Politeknik Meta Industri. Walaupun gak banyak informasi yang saya dapatkan dari google tentang politeknik itu, tapi yang saya dapatkan dia berlokasi di kawasan industri di Lippo Cikarang.

Menyusun Rencana Persiapan

Dari situ saya berencana untuk menginap di tempat kakak saya di daerah Bekasi Barat, berharap agar lebih memudahkan akses ke Lippo. Saya juga cari tau tentang gimana caranya biar sampai ke sana dari Bekasi Barat. Ternyata kalo pake gojek gak bisa karena jaraknya overlimit (limit gojek 25 km). Pake go-car, lebih ngaco lagi karena ongkosnya yang mahal banget: 109.000 rupiah, kalau lewat go-pay jadi 74.000. Tapi kan tetep aja mahal. Saya juga cari-cari tau tentang KRL, mungkin bisa sampe ke cikarang. Walaupun saya pernah tau kalo Commuter itu terakhir sampe Stasiun Bekasi. Ada beberapa blog juga yang menyebutkan, kalo mau ke Cikarang dari Bekasi pake KRL aja.

Singkat cerita, tanggal 26 saya pergi ke tempat kakak saya di Bekasi. Karena baru sampainya malem, jadi saya rencakan untuk besok ke stasiun bekasi menanyakan jadwal kereta ke cikarang. Sambil menunggu besok, saya juga cari alternatif kalo-kalo memang keretanya gak ada. Dari yang saya baca, untuk ke Cikarang ke Bekasi Barat bisa menggunakan mobil elf K45 (dari Bekasi Timur K50). Oke besok saya juga akan cari tau di mana naik K45 itu.

Keesokan hari saya ke stasiun Bekasi pagi-pagi dan penuh banget itu stasiunnya, jadi saya pulang lagi dan berencana agak siangan baru ke sana lagi buat nanyain. Oh iya, sebelumnya saya sudah tau dari abang gojek yang kemaren saya tumpangi kalo mau naik K45 itu di jalan sebelum Giant. Jadi setelah dari stasiun saya sengaja lewat kesitu tapi gak menemukan elf K45 berkumpul di situ. Bingung.

Siangnya, saya ke stasiun lagi dan menanyakan ke tukang parkir situ, ternyata emang ga ada kereta ke cikarang. Jadi saya tanya, “kalo mau ke Cikarang gimana?” “Ya paling pake Elf dari sini mah, emang cuma itu caranya.” Oke saya akhirnya berniat ke samping Giant itu biar memastikan nanti naiknya di mana.

Dan ternyata bener. Jadi sebelum Giant itu ada jalan masuk ke kiri (namanya Jl. Pengairan, ada kantor polisi khusus area Mall juga di situ) dan emang Elf-elf pada ngumpul di situ. Barulah saya pastikan nanti sore saya berangkat dari sana.

Perjalanan ke Politeknik Meta Industri di Lippo Cikarang

Jam 3 sore saya berangkat karena jadwal interviewnya jam 6. Naik gojek dari tempat kakak saya pake go-pay cuma 4.000 rupiah. Kata abang gojeknya paling 30 menit sampai ke Lippo, maksimal juga 1 jam. Setelah duduk di Elf yang sangat panas, (sebaiknya sedia tissue untuk mengelap keringat) saya masih harus menunggu hingga tempat duduknya penuh, baru supirnya mau jalan. Sekitar jam 3.30 Elnya pun berangkat. Ongkosnya 10.000 rupiah, dan bayarnya itu caranya: dikumpulin oleh seorang penumpang yang inisiatif. Jadi dia bilang gitu, “mbak, 10.000.” dan penumpang yang lain pun jadi otomatis ikut bayar. Setelah terkumpul nanti salah satu penumpang yang paling dekat supir ngoperin duitnya langsung ke supirnya.

Ternyata ada untungnya juga saya berangkat interview sore-sore, karena tol ke arah Cikarang itu lancar, sedangkan sebaliknya sangat-sangat macet (seperti hari kemarinnya ketika saya menuju Bekasi) dan saya yakin itu macetnya sampai malam.

Sampai di Lippo kurang lebih jam 4, saya berhenti di halte Lippo City Center dan jalan sedikit ke McD (sebenarnya bisa langsung turun persis di depan McD, tapi karena bingung saya ikutin orang lain dulu aja dan untung deket halte ke McDnya). Di sana saya menunggu hingga jam 5, baru saya berangkat lagi menggunakan gojek dengan ongkos 10.000 karena tidak pakai go-pay (kalau pake jadi 6.000). Abang gojek itu tidak menggunakan atribut Gojeknya, terus dia cerita kalau ojek pangkalan di sana masih galak-galak, jadi waktu saya mau naik pun dia buru-buru gitu seperti orang panik.

Interview Politeknik Meta Industri

Setelah sampai, saya diberi tahu oleh satpam kalo kantor kampusnya itu ada di lantai 2. Jadi saya disuruh jalan ke sebelah ujung kiri gedung hingga mentok dan kalo ketemu tangga, naik ke situ. Ketika sudah di tempat, saya bertemu dengan interviewee yang lain dengan lamaran ke posisi yang sama. Jam 6 dia yang dipanggil lebih dulu, karena datangnya juga lebih duluan.

Sekitar jam 6.30 saya dipanggil. Isi wawancaranya pertama interviewer menjelaskan dulu tentang Politeknik Meta Industri. Penjelasannya cukup mendasar karena politeknik ini masih baru, jadi kita diberi tahu dulu mengenai latar belakang organisasi ini. Intinya Meta Industri ini memiliki beberapa anak industri yang bergerak di berbagai bidang, salah satunya di bidang pendidikan, yakni Politeknik Meta Industri itu sendiri. Sisanya berjalan seperti interview-interview pada umumnya. Selesai interview saya diajak untuk melihat-lihat perpustakaannya. Setelah itu pulang.

Perjalanan Balik ke Bekasi

Ketika akan pulang, saya diantar oleh staff politeknik ke tempat naik elf di Lippo secara cuma-cuma. Dia bilang, “gak apa-apa mbak, saya sekalian pulang dari kampus tadi.” Mungkin dia tau saya kebingungan mau naik elfnya di mana, jadi diantar. Jadi tempatnya itu tengah-tengah Lippo City. Tepatnya di situ kan ada perempatan lampu merah yang besar dan di tengah-tengahnya ada bunderan, terus tempat ngetemnya elf-elf itu di seberang baligo LED, kalo masih bingung tanya aja tempat ngetem K45 yang mau ke arah Bekasi Barat.

Kurang lebih pukul 7.30 elf berangkat, dan benar saja tol arah ke Jakarta masih macet. Keluar gerbang tol Cibatu itu km 34, sedangkan Bekasi Barat km 13, dan keadaan tol saat itu padat merayap. Sehingga saya baru sampai di Bekasi Barat pada pukul 9 lebih. Turun di depan pintu keluar parkir MM, saya pesan gojek hingga sampai ke kost kakak saya jam setengah sepuluh malam.

Jadi begitulah perjalanan saya mengejar undangan interview dari Garut hingga ke Lippo. Walaupun baru tahap awal (saya belum tahu akan dipanggil ke tahap selanjutnya atau tidak), saya ingin berbagi pengalaman saja. Siapa tau ada kawan-kawan yang sama bingungnya untuk akses ke Lippo dari Bekasi Barat dan sebaliknya.

Terakhir, supaya mudah informasinya, saya simpulkan sebagai berikut:

Bekasi Barat – Lippo

  • Dari Bekasi Barat ke Lippo Cikarang itu bisa naik Elf K45 karena tidak ada commuter yang menuju ke sana
  • Naiknya di Jl. Pengairan (sebelum Giant ada jalan masuk ke kiri dan di sekitar situ ada Kantor Polisi Khusus Area Mall)
  • Ngetem sampai penuh
  • Ongkos 10.000
  • Turun di Halte Lippo City Center

Lippo – Bekasi Barat

  • Naik elf K45 di perempatan lampu merah (seberang baligo LED atau seberang POLSEK)
  • Ngetem sampai penuh
  • Ongkos 10.000
  • Turun di depan pintu keluar parkir MM (Metropolitan Mall)

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

